LAILATUL QODAR

00.30


Sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan, biasanya pada hari-hari ini semua orang sudah sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Dan sebagian dari mereka ada yang sudah sibuk untuk mempersiapkan untuk membeli baju lebaran, keperluan bahan masakan untuk hari raya ataupun ada yang sudah mempersiapkan untuk berangkat mudik.

Tapi jarang sekali dari mereka yang memikirkan tentang pahala yang besar pada sepuluh malam terakhir dibulan Ramadhan dan itikaf ke Masjid.


Itikaf itu apasih? Itikaf adalah berdiam diri di Masjid, dengan maksud untuk beribadah meninggalkan perbuatan maksiat. Sebagai contoh melaksanakan sholat-sholat sunnah, membaca Al-Qur'an, serta berdzikir dan berdo'a. Adapun persyaratan untuk melaksanakan itikaf adalah lokasinya di masjid dan tidak boleh keluar masjid kecuali ada sesuatu yang penting, serta niat dari awal berangkat dari rumah dan masuk Masjid sudah ditata untuk mencari ridhonya Allah.


Nabi SAW mencontohkan pada sepuluh malam terakhir ketika bulan Ramadhan, beliau bertitikaf di Masjid hingga sampai beliau wafat. Sebab pada sepuluh malam yang terakhir di bulan Ramadhan terdapat malam yang lebih baik daripada 1000 bulan yaitu LAILATUL QODAR.


Lailatul Qodar itu berada di salah satu 10 malam terakhir bulan Ramadhan tepatnya pada malam ganjil. Malam lailatul qodar, yang besar pahalanya dari 1000 bulan. Allah turunkan Malaikat ke bumi. Sejahtera malam itu hingga fajar.

Dan di malam Qodar ini juga ada doa yang bisa kita ucapkan dibaca sebanyak 1000x.

Kalau hadits nya : Dari Aisyah ia berkata; "Wahai Rasulullah, apabila aku mengetahui malam apakah lailatul qadr, maka apakah yang aku ucapkan padanya?"

Beliau mengatakan: “Ucapkan; اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي 

(ALLAAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN KARIIM TUHIBBUL 'AFWA FA'FU 'ANNII)


Arti: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi ampunan dan Maha Pemurah, Engkau senang memberikan ampunan, maka ampunilah aku"
(H.R. Tirmidzi 3513)

Tunggu apalagi? Ayok semangat ber-Itikaf ke Masjid dan baca do'a sebanyak-banyaknya! 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images